Rabu, 22 Mei 2013
makalah dinamika persaingan
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pada era globalisasi sekarang ini, iklim kompetisi dalam dunia industri semakin terasa. Di sisi lain perubahan lingkungan yang demikian pesat semakin mendukung kompetisi yang sedang terjadi saat ini. Munculnya paradigma baru terhadap perubahan yang semakin cepat dalam pasar global akan membawa pengaruh terhadap perilaku kehidupan kita. Dan kita perlu menyesuaikan pada situasi-situasi yang baru jika tidak mau dikatakan ketinggalan zaman terhadap perkembangan zaman .
Dinamika persaingan merupakan hasil dari serangkaian kegiatan dan respon kompetisi antar perusahaan yang bersaing dalam suatu industri tertentu. Persaingan akan terjadi pada beberapa kelompok pesaing yang tidak hanya pada produk atau jasa sejenis, dapat pada produk atau jasa substitusi maupun persaingan pada hulu dan hilir. Dan dinamika adalah perubahan-perubahan yang terjadi pada periode tertentu. Jadi, dapat disimpulkan dinamika persaingan adalah perubahan-perubahan yang terjadi terhadap persaingan yang terjadi pada perusahaan dalam memperebutkan pelanggan pada periode periode tertentu.
Setiap perusahaan pasti akan melakukan segala daya dan upaya melaui kompetensi inti yang dimiliki untuk menganalisis pesaing dan pelanggan dengan tujuan menciptakan suatu inovasi menarik dalam proses produksi. Tindakan kompetitif yang diambil oleh perusahaan harus mampu berkiprah di persaingan global dalam kondisi pergeseran paradigma yang berubah. Situasi tersebut yang wajib disadari dan perlu sikap proaktif. Dan untuk dapat eksis, maka perlu memiliki visi dan misi serta strategi bersaing yang kokoh sehingga tidak akan terombang-ambing atau tergilas oleh perubahan zaman.
Di dalam persaingan kompetitif, cenderung diikuti tindakan- tindakan dan tanggapan- tanggapan terhadap tindakan kompetitif yang dilakukan perusahaan lain. Tindakan kompetitif dibedakan menjadi dua, yaitu tindakan taktis dan tindakan strategis. Perusahaan yang pertama kali melakukan tindakan kompetitif disebut sebagai penggerak pertama. Tindakan kompetitif yang dilakukan oleh penggerak pertama sering kali mendapat tanggapan dari penggerak kedua. Dan apabila tindakan serta tanggapan itu berhasil menarik minat pelanggan, munculah tanggapan dari penggerak ketiga. Penggerak ketiga adalah perusahaan yang menanggapi tindakan kompetitif dengan rentang waktu yang cukup lama setelah tindakan penggerak pertama dan tanggapan penggerak kedua.
Salah satu industri yang bersifat global dan sangat dinamis adalah industri telekomuniksai. Semakin meningkatnya kebutuhan orang untuk berkomunikasi, semakin banyak pula perusahaan telekomunikasi yang didirikan dengan tujuan memenuhi kebutuhan pelanggan. Hal ini mengakibatkan persaingan di industri telekomunikasi semakin kompetitif. Persaingan di dalam industri yang sama inilah yang menjadi sentral kekuatan persaingan.
Industri telekomunikasi mencerminkan pasar siklus cepat yang bersifat global dan sangat dinamis. Mencapai keunggulan kompetitif yang memiliki daya tahan mungkin terjadi dalam pasar siklus lambat dan pasar siklus standar. Namun, sangat tidak mungkin untuk mendapatkan keunggulan kompetitif yang memiliki daya tahan dalam pasar siklus cepat. Oleh karena itu setiap perusahaan harus memiliki kompetensi inti yang berkualitas agar mampu melakukan tindakan dan tanggapan terhadap pesaing dengan beik.
B. Perumusan Masalah
1. Bagaimana perkembangan industri telekomunikasi di dunia?
2. Bagaimana setiap perusahaan dapat bertahan dari tindakan dan hasil kompetitif?
3. Bagaimana tindakan- tindakan dan tanggapan- tanggapan kompetitif yang dilakukan di dalam industri telekomunikasi?
C. Tujuan
1. Penulis dapat memahami perkembangan industri telekomunikasi di dunia.
2. Penulis dapat memahami kemampuan perusahaan bertahan dari tindakan dan hasil kompetitif.
3. Penulis dapat memahami tindakan- tindakan dan tanggapan- tanggapan kompetitif yang dilakukan di dalam industri telekomunikasi.
ISI
A. Perkembangan Industri Telekomunikasi di Dunia
Industri telekomunikasi semakin lama semakin berkembang dengan pesat. Berawal dari tahun 1876, pemuda berusia 29 tahun bernama Alexander Graham Bell dan asistennya Thomas Watson (22 tahun) menemukan telepon konvensional. Penemuan telepon di masa ini dianggap sangat penting karena bisa mengirimkan suara lewat kabel. Komunikasi lewat suara ini lebih alami dan dapat dilakukan siapa saja. "Mr. Watson, come here, I want you!" adalah suara pertama yang dikirim lewat kabel oleh Graham Bell. The Bell Company merupakan penggerak pertama dalam perusahaan telekomunikasi.
Dari hasil penemuan Alexander Graham Bell, beberapa perusahaan seperti Sony Ericson yang menjadi penggerak kedua dengan cara menanggapi tindakan kompetitif yang dilakukan The Bell Company (tempat Alexander Graham Bell bekerja dan sekarang berubah nama menjadi AT & T ). Penggerak kedua adalah perusahaan yang memberi tanggapan kepada tindakan kompetitif yang dilakukan penggerak pertama dan sering kali melaui imitasi.
Sebagai penggerak kedua, Ericson mampu menarik minat pelanggan di berbagai negara. Seperti produksi yang tumbuh pada akhir tahun 1890-an, dan pasar Swedia nampaknya akan mencapai kejenuhan, Ericsson telah mampu memperluas pasar ke luar negeri melalui sejumlah agen. Inggris dan Rusia adalah awal pasar Ericsson. Hal ini akhirnya menyebabkan pembentukan pabrik di negara-negara tersebut. Negara lain telah menjadi pelanggan Ericsson juga, yang didorong oleh pertumbuhan yang cepat dari layanan telepon di Swedia. Australia dan Selandia Baru, yang pada akhir tahun 1890-an adalah pasar Ericssons terbesar non-Eropa.Meskipun mereka berhasil di tempat lain, Ericsson tidak membuat penjualan yang signifikan di Amerika Serikat. The Bell Group dan perusahaan lokal seperti Kellog dan Automatic Electric telah lebih dulu menguasai pasar ini.
Selain penggerak kedua, beberapa perusahaan juga memilih menjadi penggerak terakhir dalam industri telekomunikasi, misalnya Vodafone. Vodafone baru berdiri pada tahun 1985, setelah seratus tahun penggerak pertama malakukan tindakan kompetitif. Meskipun menjadi penhggerak terakhir, Vodafone melakukan berbagai inovasi dari produk yang dijual sebelumnya sehingga Vodafone diminati pelanggan. Bahkan hingga saat ini Vodafone masih menjadi salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di dunia.
Gambar 1
Penggerak dalam Perkembangan Industri
B. Kemampuan Perusahaan Bertahan dari Tindakan dan Hasil Kompetitif
Perusahaan dapat bertahan dari sengitnya persaingan karena tindakan, tanggapan serta hasil kompetitif perusahaan itu sendiri. Kemampuan bertahan tersebut dipengaruhi berbagai faktor, yaitu ukuran perusahaan, kecepatan, inovasi, dan kualitas.
Gambar 2
Pengaruh ukuran perusahaan, kecepatan, inovasi, dan kualitas Kemampuan Bertahan dari Tindakan dan Hasil Kompetitif
Perusahaan besar seringkali memiliki kekuatan pasar yang kuat. perusahaan dapat memiliki dua dampak penting tapi saling berlawanan atas dinamika bersaing suatu industri. Semakin besar suatu perusahaan, semakin besar kekuatan pasarnya. Perusahaan besar harus menggunakan skala mereka untuk membangun kekuatan pasar, tetapi mereka harus berfikir dan bertindak seperti perusahaan kecil (misalnya bergerak cepat dan inovatif) untuk mencapai daya saing strategis dan memperoleh laba di atas rata-rata dalam jangka panjang.
Kecepatan suatu perusahaan dalam mengawali tindakan bersaing dan tanggapan bersaing dapat menentukan keberhasilan. Dalam perekonomian global, kecepatan dalam mengembangkan suatu produk baru dan memindahkannya ke dalam pasar menjadi penting bagi usaha perusahaan untuk membangun keunggulan bersaing yang berkesinambungan dan memperoleh laba di atas rata-rata. Kecepatan semakin penting dalam industri untuk mendapatkan dan mempertahankan keunggulan kompetitif.
Dalam perekonomian global saat ini, penelitian memperlihatkan bahwa inovasi (baik inovasi produk maupun inovasi proses) berhubungan dengan profitabilitas tinggi dalam sejumlah industri. Hanya perusahaan yang terus melakukan inovasilah yang mampu menguasai pasar dan memperoleh profitabilitas tinggi. Baik inovasi produk maupun inovasi proses menjadi semakin penting bagi persaingan di dunia industri. Sebagian riset menunjukkan bahwa perusahaan yang melakukan lebih banyak riset dan menciptakan lebih banyak inovasi cenderung mamiliki kinerja yang lebih tinggi. Inovasi produk dianggap lebih penting dilakukan terhadap industri yang sedang berkembang. Sedangkan untuk industri yang sudah matang, inovasi dalam proses juga diperhatikan.
Bagi perusahaan-perusahaan yang berada dalam dunia industri dengan pola dinamika persaingan yang mengutamakan kemampuan inovasi , harus sangat memahami penerapan inovasi yang efektif bukanlah sesuatu hal yang mudah. Di luar setiap kapabilitas yang dimiliki oleh suatu perusahaam, seorang eksekutif yang handal dan ahli dalam mengintegrasikan strategi inovasi dengan strategi lainnya sangat dibutuhkan kehadirannya. Karena semakin sulit suatu perusahaan untuk mengimplementasikan komponen-komponen di luar inovasi semakin menunjukkan ketidakmampuan perusahaan untuk mengambil manfaat kompetitif dari inovasi produk dan prosesnya.
Kualitas produk telah menjadi tema universal dalam perekonomian global dan terus membentuk dinamika bersaing dalam berbagai industri. Saat ini kualitas produk amat penting dalam seluruh kondisi dan merupakan keharusan, tetapi tidak merupakan kondisi yang cukup untuk menerapkan secara suksses strategi biaya rendah, pembedaan, fokus, dan biaya rendah/pembedaan terinteegrasi. Walaupun ada berbagai kualitas barang dan jasa, kualitas dimulai dari atas organisasi. Manajemen puncak harus menciptakan nilai untuk kualitas yang meyakinkan seluruh organisasi. Nilai-nilai ini harus dikembangkan ke dalam strategi yang mencerminkan komitmen jangka panjang terhadap konsumen, pemegang saham, dan pihak berkepentingan lainnya.
C. Tindakan dan Tanggapan Kompetitif yang Dilakukan di Dalam Industri Telekomunikasi
Gambar 3
Tindakan dan Tanggapan Kompetitif
Tindakan kompetitif dibagi menjadi dua, yaitu tindakan strategis dan tindakan taktis. Tindakan strategis mewakili komitmen yang signifikan terhadap sumber daya organisasi yang spesifik. Sedangkan tindakan taktis adalah tindakan yang dilakukan untuk menyesuaikan suatu strategi, untuk mencapai kinerja atau efektifitas yang baik. Tindakan strategis sifatnya lebih jangka panjang, memerlukan banyak sumber daya spesifik, dan sulit untuk dibatalkan atau diubah. Sedangkan, tindakan taktis cenderung berorientasi jangka pendek, sumber daya yang diperlukan lebih sedikit dan lebih bersifat umum, dan dapat dibatalkan dengan mudah.
Tanggapan kompetitif adalah sebuah gerakan yang dilakukan untuk menghadapi efek- efek dari tindakan yang dilakukan untuk menghadapi efek- efek dari tindakan yang dilakukan oleh seorang pesaing. Lebih mudah memberi tanggapan pada tindakan taktis, karena memerlukan lebih sedikit sumber daya. Selain itu, tindakan taktis cenderung memiliki dampak jangka pendek daripada tindakan strategis. Tanggapan terhadap tindakan strategis lebih sulit, memerlukan lebih banyak sumber daya dan memerlukan investasi jangka panjang.
Contoh menarik dari industri telekomunikasi adalah perkembangan penjualan android di berbagai negara. Android merupakan sistem operasi terbesar di dunia, Dengan dibekali Android, banyak produsen smartphone dunia yang mengeruk keuntungan dari laris manisnya penjualan produk mereka di pasar. Namun tak banyak yang mengetahui tentang smartphone pertama yang menggunakan Android untuk kepentingan komersial. Adalah produsen ponsel asal Taiwan HTC yang memperkenalkan produk pertama yang menggunakan sistem operasi Android. Smartphone pertama yang menggunakan Android keluaran HTC itu dikenal dengan sebutan HTC Dream. Tak seperti perangkat Android yang dikenal saat ini, HTC Dream muncul dalam wujud ponsel layar sentuh dengan sliding keyboard. Smartphone ini dirilis di AS pada 22 Oktober 2008.
Setelah kemunculan HTC Dream, beberapa perusahaan seperti Samsung memberi tanggapan strategis dengan menciptakan smartphone berbasis android yang sekarang produknya menjadi salah satu android terlaris di dunia. Berbeda dengan Samsung, perusahaan Nokia mengalami keterpurukan saat android merajai dunia telekomunikasi. Untuk bertahan dalam dunia industri, Nokia melakukan tanggapan dengan tindakan taktis meluncurkan produk Lumia dengan mamatok harga yang lebih rendah agar bisa bersaing dengan android. Dengan harga yang lebih murah, Nokia Lumia mampu bersaing dengan smartphone lainnya.
Pertanyaan Evaluasi
1. Serangan dan tanggapan kompetitif adalah dua faktor yang menyumbang pada kesadaran, motivasi dan kemampuan dalam analisis pesaing. Persaingan kompetitif diikuti oleh tindakan dan tanggapan yang dilakukan oleh pesaing.
2. Keunggulan dari penggerak pertama adalah mendapat kesetiaan dari pelanggan sehingga menyulitkan perusahaan-perusahaan lain mendapatkan pelanggan. Perusahaan mampu membangun reputasi sebagai pemimpin dalam industri, menurunkan kurva pengalaman untuk mengambil posisi pemimpin biaya, dan memperoleh laba tinggi sementara daripada pembeli yang menilai tinggi produk dan jasanya. Namun penggerak pertama juga memiliki kelemahan, yaitu risiko yang tinggi karena tidak mudah memprediksikan tingkat kesuksesan dari tindakan kompetitif sebelum tindakan kompetitif tersebut dilakukan.
Untuk penggerak kedua, keunggulannya bisa mendapatkan pangsa pasar yang signifikan karena mampu memperbaiki produk yang dikenalkan oleh penggerak pertama dan dapat menghindari kesalahan- kesalahannya. Penggerak kedua juga tidak menanggung risiko seperti yang ditanggung penggerak pertama. Kelemahannya, penggerak kedua memerlukan waktu yang lebih lama agar produknya lebih diakui daripada penggerak pertama.
Sedangkan penggerak ketiga dari segi keunggulan memiliki risiko yang rendah dibanding penggerak sebelumnya. Namun, penggerak terakhir cenderung sulit untuk mendapatkan pangsa pasar.
3. Terdapat empat faktor yang mendasari kemungkinan tanggapan pada suatu tindakan kompetitif, yaitu jenis tindakan kompetitifnya, sejauh mana pesaing tergantung pada pasar tertentu dimana tindakan kompetitif kompetitif dilakukan, reputasi perusahaan yang melakukan tindakan , dan sumber daya yang tersedia bagi pesaing yang mungkin akan melakukan tanggapan.
4. Tindakan strategis sifatnya lebih jangka panjang, memerlukan banyak sumber daya spesifik, dan sulit untuk diubah. Sebaliknya, tindakan taktis cenderung berorientasi pada jangka pendek, sumber daya yang diperlukan lebih sedikit dan lebih bersifat umum, dan dapat diubah dengan mudah. Semakin suatu tindakan berssifat taktis dan bukannya strategis, semakin tanggapan dilakukan terhadap terhadap tindakan taktis, dan bukannya tindakan strategis. Lebih mudah memberi tanggapan dengan tindakan taktis, karena dengan melakukannya memerlukan lebih sedikit sumber daya. Selain itu tindakan taktis cenderung memiliki dampak jangka pendek daripada tindakan strategi. Tanggapan terhadap tindakan strategis lebih sulit, memerlukan lebih banyak sumber daya dan memerlukan investasi jangka panjang.
Sedangkan semakin besar kemungkinan datangnya suatu tanggapan terjadi ketika suatu tindakan dilakukan oleh seorang pemimpin pasar. Selain itu, ketika seorang pemimpin pasar melakukan tindakan, seorang pesaing akan cenderung menirunya. Dengan cara lain, jika perusahaan memiliki reputasi untuk melakukan tindakan yang lebih beresiko dan kompleks, semakin kecil kemungkinan terjadinya tanggapan. Seorang predator harga juga kemungkinan ditiru oleh para pesaingnya.
5. Semakin besar perusahaan, semakin besar kekuatan pasarnya. Tentu saja, jangkauan setiap kekuatan pasar perusahaan diukur relatif dengan kekuatan para pesaingnya. Tapi ukuran biasanya mencerminkan lebih dari sekadar kekuatan pasar. Sering kali, pangsa pasar perusahaan mencerminkan tingkat umum sumber dayanya, yang mungkin di dalamnya termasuk kapabilitas Riset dan Pengembangan dan kualitas produk yang dipersepsikan. Kekuatan pasar dan sumber daya para pesaing juga membentuk tanggapan-tanggapan vokal perusahaan. Sebuah perusahaan yang bersaing dengan para pesaing yang lemah mungkin mengabaikan tindakan-tindakan mereka. Akan tetapi, perusahaan itu mungkin juga melakukan tindakan yang tidak bisa ditanggapi oleh pesaingnya. Tentu saja, perusahaan itu bahkan dapat mendorong mereka keluar dari pasar.
6. Kecepatan penting dalam banyak industri karena dapat menentukan keberhasilan. Apalagi dalam perekonomian global saat ini, kecepatan dalam mengembangkan suatu produk baru dan memindahkannya kedalam pasar sangatlah berguna untuk perusahaan dalam membangun keunggulan bersaing yang berkesinambungan dan memperoleh laba di atas rata-rata. Dalam rangka untuk meningkatkan kecepatan pembuatan dan penerapan keputusan strategis, perusahaan dapat melakukan berbagai cara. Salah satunya yaitu dengan mengubah struktur organisasinya. Perusahaan yang menggunakan struktur organisasi tersentralisasi cenderung lebih cepat saat pembuatan keputusan dikarenakan tidak perlunya melalui berbagai tingkatan/mendapatkan persetujuan dari terlalu banyak orang. Perusahaan juga harus memaksimalkan kemampuan kognitif para eksekutifnya. Banyak penelitian mengungkapkan, Eksekutif yang menggunakan intuisinya, memiliki toleransi lebih besar terhadap resiko dan siap mengambil keputusan strategis lebih cepat daripada eksekutif yang tidak memiliki karakteristik tersebut.
7. Inovasi merupakan hal yang penting dalam persaingan di banyak industri. Perusahaan yang menjadikan inovasi sebagai faktor yang mempengaruhi kinerja perusahaan salah satunya adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang telekomunikasi, seperti telepon seluler. Persaingan bisnis bidang ini sangatlah ketat. oleh karena itu dibutuhkan inovasi agar produk yang dihasilkan tidak kalah saing. Masyarakat cenderung ingin sesuatu yang baru, sehingga perusahaan hendaknya mempunyai staf khusus untuk melakukan riset agar produk yang dihasilkan nantinya kreatif dan inovatif. Namun sesungguhnya, betapapun besar, cepat dan inovatifnya, kualitas produk harus tetap menjadi prioritas karena ini mempengaruhi dinamika persaingan yang nantinya menentukan pencapaian daya saing strategis perusahaan. contoh : Persaingan Telepon Seluler BlackBerry dan Samsung.
8. Terdapat 3 jenis pasar yang dihasilkan dari persaingan kompetitif, antara lain :
Pasar siklus lambat.
Memungkinkan perusahaan untuk membangun keunggulan kompetitif dalam situasi yang mendekati monopoli. Sampai baru-baru ini banyak utilitas perusahaan berada dalam posisi ini.
Pasar siklus standar.
Memungkinkan situasi pasar dimana kemampuan untuk bertahan dimungkinkan. Perusahaan yang memiliki kontak pasar mejemuk dapat mengurangi persaingan.
Pasar siklus cepat.
Menciptakan situasi dimana hanya keunggulan kompetitif sementara yang mungkin seperti dalam industri elektronik dan farmasi. Dalam pasar siklus cepat, gangguan kompetitif, paradigma baru tentang tindakan kompetitif mungkin diperlukan.
9. Evolusi industri mempengaruhi persaingan antar perusahaan dengan cara melakukan tindakan dan tanggapan untuk membangun celah atau memulai bentuk dominasi dalam suatu industri. Berikut ini adalah tahap- tahap evolusi industri:
- Tahap Pemunculan
Untuk industri yang baru muncul ini maka perlu berusaha untuk membangun tempat atau bentuk dominasi dalam suatu industri. untuk industri yang baru muncul ini pun akan dihadapkan dengan persaingan kompetitif yang kuat dalam memperebutkan loyalitas konsumen. dalam industri ini sangat tergantung pada jenis produk sehingga akan mengembangkan keunggulan bersaing dengan daya saing yang strategis. perusahaan juga perlu untuk membangun reputasi yaitu dengan cara menerapkan berbagai strategi bersaing sehingga dapat menghindari persaingan langsung dan menolong perusahaan memperoleh dominasi dalam pasar.
- Tahap Pertumbuhan
Dalam tahapan ini adalah perusahaan yang telah berhasil melewati tahap industri baru yaitu perusahaan yang sudah mapan tetapi kurang mapan. pada saat industri mulai matang, berbagai strategi yang diterapkan cenderung menurun yang akan mengakibatkan profitabilitas menjadi rendah dan perusahaan tersebut akan mengalami fragmentasi.
- Tahap Pematangan
apabila sudah mencapai tahapan ini maka biasanya terdapat lebih sedikit pesaing yang akan tetap bertahan. Pada tahapan ini dilakukan penekanan terhadap penawaran lini produk yang lebih menguntungkan dan memproduksi produk tersebut yang lebih efisien. inovasi produk baru tidak lagi ditekankan, tetapi perhatian lebih diberikan pada inovasi proses karena inovasi proses akan menolong dalam mempertahankan efisiensi biaya dan kualitas barang yang dihasilkan dan diberikan kepada konsumen.
Pertanyaan Diskusi Aplikasi
1. Saat ini, ponsel menjadi sebuah kebutuhan yang tidak lagi digunakan sebatas untuk menelpon atau mengirim pesan pendek atau SMS. Dengan semakin berkembangnya teknologi digital, fungsi ponsel kini berkembang dalam memenuhi kebutuhan komunikasi melalui internet dan sejumlah aplikasi hiburan. Produsen ponsel pun kini melakukan tindakan strategis dengan terus mengembangkan produksi smartphone seperti iPhone dan smartphone berbasis Android yang dijual saat ini. Majalah Fortune saj merilis ajang tahunan Best Global Brand Report 2012 dan Apple menduduki peringkat kedua. Sedangkan Samsung naik 40% dan berada di posisi kesembilan. Sementara itu, Nokia kehilangan 16% dari nilai merek mereka dan sekarang berada di posisi ke-19.
Setelah itu, Nokia mengumumkan bahwa perusahaan tidak akan lagi menggunakan OS Symbian dan bergabung dengan Microsoft untuk membangun sebuah keluarga baru dengan menggunakan ponsel berperangkat lunak Windows. Perubahan strategi ini bertujuan untuk membangkitkan kembali popularitas Nokia yang kini kalah bersaing dari smartphone besutan Apple Inc dan produsen handset berbasis Android seperti Samsung Electronics dan HTC. Nokia menambahkan bahwa perusahaan sebenarnya telah mulai mengambil tindakan “harga taktis” untuk mengatasi tantangan kompetitif serta telah meningkatkan investasinya di ponsel Windows Lumia agar bisa diterima lebih banyak oleh pasar.
2. Perusahaan sering menjadi penggerak kedua karena tidak memiliki risiko yang tinggi seperti penggerak pertama dalam memprediksikan tingkat kesuksesan dari tindakan kompetitif sebelum tindakan kompetitif tersebut dilakukan. Selain itu juga biasanya biaya pengembangan penggerak kedua itu lebih rendah daripada penggerak pertama. Menjadi penggerak kedua memungkinkan perusahaan memperkenalkan inovasi terarah untuk memenuhi kebutuhan konsumen dengan lebih baik. Sedangkan perusahaan –perusahaan ada yang dengan sengaja menjadi penggerak terakhir karena dapat meniru kemajuan teknologi perusahaan sebelumnya, meminimalkan resiko dengan menunggu sampai pasar benar-benar siap, dan mengambil manfaat dari kecenderungan penggerak pertama untuk mengabaikan segmen-segmen pasar.
3. Pada mulanya pesaing Wal- Mart menganggap bahwa Wal- Mart tidak akan sesukses sekarang ini. Tindakan strategis Wal- Mart dalam membeli banyak toko dan supermarket membuat pesaingnya mulai ketakutan. Karena merasa ketakutan yang begitu besar, beberapa negara bagian di Amerika Serikat menetapkan undang- undang untuk membatasi ukuran pembentukan ritel di pusat pembelanjaan. Meskipin demikian, Wal- Mart tidak kehilangan akal dalam memasarkan produk- produknya. Perusahaan tersebut mulai memasarkan produknya melalui e- commerce. Melalui penjualan internet, pesaing besarnya Amazon.com masih lebih unggul. Namun, tetap ada pengurangan pendapatan dari Amazon.com akibat sistem e- commerce yang diterapkan Wal- Mart.
4. Perusahaan besar yang saya pilih adalah Google karena Google memperoleh penghargaan sebagai pilihan tempat bekerja terbaik dari Majalah Fortune awal tahun 2013 ini. Perusahaan dengan ukuran besar yang berawal dari teknologi pencarian web ini sempat jadi idola pasar investasi pada 2004. Ketika itu, perusahaan yang didirikan Larry Page dan Sergey Brib ini menawarkan sahamnya untuk pertama kali ke bursa ( Initial Public Offering / IPO ). Nilai IPO Google pun cukup dahsyat, per lembarnya saham Google laris seharga US$ 85. Nilai penjualanawal Google mencapai total US$ 1,67 miliar. Nilai ini menempatkan Google pada taksiran kapitalisasi pasar sebesar US$ 23 miliar. Kelemahan perusahaan lain disempurnakan oleh Google yang memakai sistem PageRank. Lewat sistem tersebut, ranking sebuah halaman web lebih ditentukan oleh berapa jumlah referensi yang diterima situs web tersebut (dalam bentuk link yang masuk ke situs tersebut). Perubahan kriteria ranking tersebut membuat upaya-upaya spamming menjadi lebih sulit.
Dalam dua tahun terakhir ini, Google menyempurnakan terus menerus proses penentuan rankingnya dan pada saat ini, dengan analisa statistik dari data-data historis yang tersimpan di database-nya, Google lebih mudah lagi menentukan situs web yang melakukan spamming. Strategi Google untuk memasukkan lebih banyak faktor eksternal (di luar keywords) ke dalam kriteria penentuan ranking tersebut juga mulai diikuti oleh Yahoo! dan MSN. Dari sisi inovasi dan kulitas barang dan jasa juga berkualitas dengan bukti layanan Google dapat diterima dengan sangat baik oleh masyarakat luas.
5. Industri telekomunikasi merupakan contoh pasar siklus cepat. Pasar telekomunikasi bersifat global dan sangat dinamis. Setelah sahamnya sempat terpuruk setelah melakukan merger dengan Mannesmann, kini Vodavone mengalami kemajuan pesat. Vodafone merupakan jaringan terkemuka penyedia layanan mobile dari Inggris. Perusahaan berkantor pusat di Newbury di Berkshire, Inggris. Perusahaan memiliki kepentingan ekuitas di 25 negara di dunia. Vodafone baru saja mengumumkan tindakan taktis dengan rencana tarif yang akan banyak menguntungkan bagi pengguna di Inggris. Perusahaan telah mengumumkan rencana khusus untuk Samsung G800, Nokia N95 8GB dan Sony Ericsson K800i. Perusahaan juga telah meluncurkan beberapa ponsel PDA kapasitas tinggi di pasar seluruh dunia akhir-akhir ini. Vodafone juga merilis sejumlah ponsel yang bekerja sangat baik pada jaringan. Beberapa model terbaik menjual handset mobile dari Vodafone Vodafone v1620 termasuk, Vodafone dan Vodafone E770v 804N. Handset ini dikenal untuk fitur-fitur canggih mereka seperti akses internet cepat bergerak, baik gambar & kualitas suara dan kecepatan transfer data lebih cepat.
Pertanyaan Etika
1. Industri yang menganggap praktik etika sangat penting adalah industri perbankan. Bank jelas sangat menomorsatukan etika karena hidup matinya bank bank sangat tergantung pada masyarakat. Bank bisa hidup selama masyarakat masih menaruh kepecayaan terhadapnya. Bisnis perbankan adalah bisnis yang terikat dalam suatu system moneter dalam Negara tertentu dan tinggi tingkat keterikatannya dengan lembaga perbankan atau lembaga keuangan secara keseluruhan maupun dengan kehidupan perekonomian Negara tersebut. Dengan demikian, bila salah satu bisnis perbankan tidak patuh terhadap standar etika perbankan, maka seluruh lembaga perbankan atau lembaga keuangan lainnya juga terkena dampaknya.
2. Ada keraguan saat menggabungkan intelijen dan etika. Namun, dengan pendekatan ilmiah dan melaui kode etik serta mengembangkan suatu bentuk batasan etika bagi pfofesional inteljen, diharapkan kinerja inteljen lebih bersifat etis. Media internet juga sangat mempengaruhi aktivitas inteljen. Dengan adanya internet akan membuat kerja inteljen lebih mudah dalam memantau pesaing.
3. Ada hal yang tidak etis saat penggerak kedua terlibat dalam persaingan yaitu jika ada unsur plagiatisme atau pelanggaran hak cipta yang dihasilkan penggerak pertama. Tentu hal ini sangat merugikan bagi penggerak pertama.
4. Standar- standar untuk persaingan kompetitif di berbagai negara tentunya berbeda. Suatu negara akan memiliki keunggulan kompetitif jika konsumen domestik menuntut atau menekan produsen domestik untuk melakukan inovasi lebih cepat sehingga dapat mencapai keunggulan kompetitif yang lebih canggih daripada perusahap perusahaan asing. Dengan adanya perbedaan strandar ini, hendaknya perusahaan selalu melakukan inovasi terhadap produknya dengan ciri khas yang berbeda dengan produk lain dan sesuai dengan kebutuhan konsumen sehingga produk lebih mudah diterima. Dalam praktiknya, perusahaan yang memiliki standar lebih tinggi dalam persaingan kompetitif disebabkan lingkungan internal dan eksternal yang nantinya akan menghasilkan produk yang lebih berkualitas.
5. Praktik manajemen kualitas total dapat membuat perusahaan- perusahaan beroperasi dengan lebih etis dibanding sebelum prinsip TQM diterapkan. Dalam prinsip TQM, pelanggan merupakan komponen utama dalam keberhasilan perusahaan. Contoh penerapan TQM di AT & T Network Group adalah sebagai berikut : Setiap karyawan dan para direktur melakukan peninjauan kembali terhadap tiga “Tuntutan Pelanggan yang Terpecahi” dan melakukan pertemuan dengan para pelanggan untuk mengetahui apakah pelanggan tersebut benar-benar puas dengan pemecahan yang telah dilakukan. Tidak semua solusi memuaskan pelanggan. Ada sejumlah pelanggan mengatakan bahwa karyawan AT & T kurang perhatian terhadap proses dan sistem yang tidak baik. Temuan-temuan ini merupakan langkah dasar untuk melakukan perbaikan.
6. Salah satu contoh pasar siklus cepat adalah industri telekomunikasi. Isu- isu yang berkaitan dengan perusahaan telekomunikasi yang bersangkutan dapat berakibat pada reaksi konsumen. Misalnya isu proses pengambil alihan perusahaan pada tahun 2000, Vodafone mengambil alih Mannesmann dengan cara yang tidak ramah. Setelah proses merger terjadi, berkembang isu bahwa Vodafone melakukan tindakan yang tidak etis, sehingga berimbas pada anjloknya harga saham.
Latihan Internet
Perusahaan Jerman, Mannesmann dan Vodafone dari Inggris berniat untuk menggabungkan, menciptakan ponsel kelompok telepon terbesar di dunia. Kesepakatan itu merupakan salah satu dari pengambilalihan perusahaan telekomunikasi terbesar yang pernah ada di dunia. Dalam perjalanan waktu, Vodafone melanggar perjanjian dengan cara memasarkan produk di wilayah Mannesmann. Hal ini mengakibatkan Mannesmann ingin membatalkan penggabungan perusahaan tersebut. Berbagai cara dilakukan Mannesmann agar dapat memperkuat posisi untuk menghadapi Vodafone. Namun, kemenangan berpihak kepada Vodafone. Pada Februari 2000, Mannesmann resmi diambil alih oleh Vodafone.
Gambar 1
Perkembangan Saham Vodafone
Setelah pengambil alihan perusahaan, saham Vodafone anjlok secara signifikan. Banyak demonstrasi yang menentang proses pengambil alihan Mannesmann yang dilakukan Vodafone. Namun seriring berjalannya waktu, pada tahun 2003 saham Vodafone mulai mengalami perkembangan.
Sebagai pesaing yang berat bagi Vodafone, MCI World Com sebenarnya Pada awal tahun 2000 sudah mulai mengalami kemerosotan yang disebabkan oleh dot-com buble. Pendapatan mengalami penurunan dan utang semakin banyak. Nilai saham juga terus mengalami penurunan. World Com mencoba untuk memperbaiki laporan keungannya. Namun, perusahaan komunikasi terbesar kedua di Amerika terpaksa harus menyatakan pailit pada tahun 2002 setelah ketahuan melakukan kecurangan dalam laporan keuangannya. Setelah pailit MCI World Com berubah nama menjadi MCI Inc dan pada tahun 2005 diakuisisi oleh Verizon Communication.
Gambar 2
Perkembangan Saham MCI World Com
Daftar Pustaka
Directory.umm.ac.id/.../doc/persaingan_dominan.doc
Hitt, Michael A, R. Duane Ireland, dan Robert E. Hoskisson. 2001. Manajemen Strategis Daya Saing dan Globalisasi Konsep. Edisi Pertama. Jakarta : Salemba Empat
http://agung-praptapa.blog.unsoed.ac.id/2011/03/22/tugas-4a-kelas-strat-man-selasa-qa-chapter-5/
http://agrimedia.mb.ipb.ac.id/uploads/pdf/2010-07-07_juni2008 inovasi_produk,_kepuasan_konsumen_dan_loyalitas.pdf
http://elib.unikom.ac.id/download.php?id=109597
http://farahchaem.blogspot.com/2011/07/etika-dan-intelijen.html
http://id.prmob.net/vodafone/jeruk/sony-ericsson-k800i-1460709.html
http://jonizulkarnain.wordpress.com/total-quality-management/
http://klik-sekali.blogspot.com/2012/02/sejarah-perkembangan telekomunikasi.html
http://money.cnn.com/magazines/fortune/
http://news.bbc.co.uk/2/hi/business/630166.stm
http://primagusti.blogspot.com/2011/04/sistem-jaringan-bisnis-international.html
http://siswantari.wordpress.com/2009/11/19/etika-perbankan/
http://tekno.liputan6.com/read/529029/mengenal-htc-dream-smartphone-android-pertama-di-dunia
http://www.beritateknologi.com/google-peroleh-penghargaan-sebagai-pilihan-tempat-bekerja-terbaik-di-tahun-2013-versi-majalah-fortune/
http://www.computesta.com/blog/2012/05/worldcom-kebangkrutan-besar-yang-penuh-skandal/#.UX9Y11L2rIU
http://x-tremesains.blogspot.com/2011/08/perusahaan-it-terkaya.html
ipotnews.com
Kuncoro, Mudrajad. 2005. Strategi Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif . Jakarta : Erlangga
vivanews.com
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar